Minggu, 28 Oktober 2012

Teknis Perlombaan Pemrograman Ladder Logic PLC Se-Kota Palembang

Lomba Pemrograman Ladder
PLC (Programmable Logic Controller) Se-Kota Palembang

A. Ketentuan Umum
1.      Peserta merupakan mahasiswa (D1/D2/D3/S1). Maksimal berumur 25 tahun per 31 November 2012.
2.      Pendaftaran  29 Oktober 2012 - 11 November 2012
3.      Peserta lomba merupakan Tim. 1 Team Maksimal 2 Orang
4.      Biaya Pendaftaran Rp. 75.000,-/Team (sudah termasuk Kit lomba, biaya pelatihan, snack dan sertifikat)
5.      Pelatihan PLC **)
·         Pelatihan untuk peserta dalam Unsri 1 – 2 November 2012
·         Pelatihan untuk peserta luar Unsri 8 – 9 November 2012 *)
6.      Technical Meeting   13 November 2012
7.      Babak Penyisihan  15 November 2012
8.      Babak Final 16 November 2012
9.      Hadiah:
ü  Juara I        : Trophy+Uang Pembinaan
ü  Juara II      : Trophy+Uang Pembinaan
ü  Juara III     : Trophy+Uang Pembinaan
ü  Pemrograman kreatif : Trophy+Sertifikat
Untuk Info lebih lanjut hubungi CP : Andi (085788605240) & Agus (081958758283) atau kirimkan email ke otomasiunsri@gmail.com

*pelatihan untuk peserta luar unsri diupdate di http://klubotomasiunsri.blogspot.com

B. Sistem pertandingan

Babak Penyisihan
  1. Seluruh Tim yang terdaftar akan dikumpulkan dan akan dibagi menjadi beberapa group Tim.
  2. Setiap group terdiri atas 4 Tim
  3. Dari setiap group akan diambil 2 Tim terbaik berdasarkan program yang dibuat dan akan menjadi finalis pada babak selanjutnya.
  4. Dalam pertandingan, seluruh Tim dalam setiap group akan diberi waktu yang sama dalam menyelesaikan kasus-kasus yang diberikan panitia lomba.
  5. Setiap group akan bertanding sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia lomba.

Babak final
  1. Tim yang masuk babak final akan kembali dibagi dalam group Tim.
  2. Setiap group terdiri dari 4 Tim
  3. Pada babak ini setiap Tim tidak akan berjuang untuk menjadi terbaik dalam group tetapi akan bersaing dengan setiap tim yang masuk dalam babak final.
  4. Tiga tim terbaik yang ditetapkan juri berdasarkan program yang dibuat akan menjadi 3 besar dalam lomba.
  5. Untuk kategori pemrograman kreatif akan ditetapkan oleh juri berdasarkan pemrograman yang mengacu pada kesederhanaan dan ketepatan penyelesaian kasus-kasus yang diberikan.

C. Peraturan
1. Sebelum bertanding
a. Peserta harus lulus syarat administrasi pendaftaran lomba.
b. Peserta harus sudah berada diruang tunggu sebelum waktu pertandingan untuk group mereka dimulai.
c. Peserta harus mengenakan badge peserta. Peserta yang tidak mengenakan badge peserta tidak diperbolehkan memasuki ruang lomba.
d. Peserta dilarang membuat gaduh dan mengganggu peserta lain yang sedang berada diruang tunggu.
2. Saat bertanding
a. Peserta memasuki ruang lomba dengan mengenakan badge paserta, peserta yang tidak mengenakan badge peserta tidak diperkenankan memasuki ruang lomba.
b. Peserta tidak diperkenankan membawa HP, Tablet atau gadget lainnya kecuali berhubungan dengan kebutuhan kesehatan peserta seperti alat bantu dengar dan sebagainya.
c. Keterlambatan peserta memasuki ruang lomba hanya berlaku untuk 5 menit, jika melebihi batas waktu tersebut maka peserta yang bersangkutan didiskualifikasi.
d. Peserta diperbolehkan ke kamar kecil dengan waktu hanya 5 menit, jika melebihi batas waktu tersebut akan dikenakan sanksi pengurangan poin.
e. Peserta hanya boleh bertanya kepada panitia seputar teknis penyimpanan program, kejelasan soal dan kompalin kerusakan atau kegagalan komputer tempat menulis program.
f. Tim yang telah menyelesaikan program, tidak diperkenankan meninggalkan rungan lomba hingga waktu perlombaan berakhir.
g. Peserta tidak diperkenankan melihat isi drive atau pun isi komputer pertandingan. Peserta yang melanggar akan didiskualifikasi.
h. Peserta yang membuat gaduh selama perlombaan akan dikenakan pengurangan poin dan jika mengganggu peserta lainnya akan dikenakan sanksi lainnya yang mungkin bisa mencoret keikutsertaan mereka.
i. Keputusan Juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

D. Pelanggaran dan Sanksi
1. Sebelum atau sesudah bertanding
Bentuk pelanggaran
Sanksi
Tidak mengenakan badge peserta
Tidak diperkenankan memasuki ruang lomba
Menganggu peserta lain yang sedang bertanding
Diskualifikasi

2. Saat bertanding
Bentuk pelanggaran
Sanksi
Membawa HP atau gadget
Diskualifikasi
Terlambat
Pengurangan poin, jika melebihi waktu batas keterlambatan 5 menit, peserta didiskualifikasi
Ke kamar kecil
Pengurangan poin, jika melebihi waktu batas keterlambatan 5 menit, peserta didiskualifikasi
Meninggalkan tempat lomba sebelum waktu lomba habis
Diskualifikasi
Melihat isi drive komputer
Diskualifikasi
* Setiap sanksi atas pelanggaran yang dilakukan tentunya dimelihat keadaan yang dialami peserta, jika pelanggaran masih dalam batas wajar sanksi bisa dikurangi atau dihilangkan.

Denah pertandingan


**Program ladder akan mengikuti format PLC yang telah ditetapkan oleh Panitia. Software yang akan digunakan pada saat lomba akan diberikan pada saat pelatihan dan Technical Meeting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar