Lomba Pemrograman Ladder
PLC (Programmable Logic
Controller) Se-Kota Palembang
A. Ketentuan
Umum
1.
Peserta
merupakan mahasiswa (D1/D2/D3/S1).
Maksimal berumur 25 tahun per 31 November 2012.
2.
Pendaftaran 29 Oktober 2012 - 11 November 2012
3.
Peserta
lomba merupakan Tim. 1 Team Maksimal 2 Orang
4.
Biaya
Pendaftaran Rp. 75.000,-/Team (sudah termasuk Kit lomba, biaya pelatihan, snack
dan sertifikat)
5.
Pelatihan
PLC **)
·
Pelatihan
untuk peserta dalam Unsri 1 – 2 November 2012
·
Pelatihan
untuk peserta luar Unsri 8 – 9 November 2012 *)
6.
Technical
Meeting
13 November 2012
7.
Babak
Penyisihan 15 November 2012
8.
Babak
Final 16 November 2012
9.
Hadiah:
ü Juara I :
Trophy+Uang Pembinaan
ü Juara II :
Trophy+Uang Pembinaan
ü Juara III :
Trophy+Uang Pembinaan
ü Pemrograman kreatif : Trophy+Sertifikat
Untuk
Info lebih lanjut hubungi CP : Andi (085788605240) & Agus (081958758283)
atau kirimkan email ke otomasiunsri@gmail.com
*pelatihan
untuk peserta luar unsri diupdate di http://klubotomasiunsri.blogspot.com
B. Sistem pertandingan
Babak Penyisihan
- Seluruh Tim yang terdaftar akan dikumpulkan dan akan dibagi menjadi
beberapa group Tim.
- Setiap group terdiri atas 4 Tim
- Dari setiap group akan diambil 2 Tim terbaik berdasarkan program yang
dibuat dan akan menjadi finalis pada babak selanjutnya.
- Dalam pertandingan, seluruh Tim dalam setiap group akan diberi waktu
yang sama dalam menyelesaikan kasus-kasus yang diberikan panitia lomba.
- Setiap group akan bertanding sesuai jadwal yang telah ditetapkan
panitia lomba.
Babak final
- Tim yang masuk babak
final akan kembali dibagi dalam group Tim.
- Setiap group terdiri dari
4 Tim
- Pada babak ini setiap Tim
tidak akan berjuang untuk menjadi terbaik dalam group tetapi akan bersaing
dengan setiap tim yang masuk dalam babak final.
- Tiga tim terbaik yang
ditetapkan juri berdasarkan program yang dibuat akan menjadi 3 besar dalam
lomba.
- Untuk kategori
pemrograman kreatif akan ditetapkan oleh juri berdasarkan pemrograman yang
mengacu pada kesederhanaan dan ketepatan penyelesaian kasus-kasus yang
diberikan.
C. Peraturan
1. Sebelum bertanding
a. Peserta harus lulus syarat
administrasi pendaftaran lomba.
b. Peserta harus sudah berada
diruang tunggu sebelum waktu pertandingan untuk group mereka dimulai.
c. Peserta harus mengenakan badge
peserta. Peserta yang tidak mengenakan badge peserta tidak diperbolehkan
memasuki ruang lomba.
d. Peserta dilarang membuat gaduh dan mengganggu peserta lain yang sedang berada
diruang tunggu.
2. Saat bertanding
a. Peserta memasuki ruang lomba
dengan mengenakan badge paserta, peserta yang tidak mengenakan badge peserta
tidak diperkenankan memasuki ruang lomba.
b. Peserta tidak diperkenankan membawa HP, Tablet atau gadget lainnya kecuali
berhubungan dengan kebutuhan kesehatan peserta seperti alat bantu dengar dan
sebagainya.
c. Keterlambatan peserta memasuki
ruang lomba hanya berlaku untuk 5 menit, jika melebihi batas waktu tersebut
maka peserta yang bersangkutan didiskualifikasi.
d. Peserta diperbolehkan ke kamar
kecil dengan waktu hanya 5 menit, jika melebihi batas waktu tersebut akan
dikenakan sanksi pengurangan poin.
e. Peserta hanya boleh bertanya
kepada panitia seputar teknis penyimpanan program, kejelasan soal dan kompalin
kerusakan atau kegagalan komputer tempat menulis program.
f. Tim yang telah menyelesaikan program, tidak diperkenankan meninggalkan
rungan lomba hingga waktu perlombaan berakhir.
g. Peserta tidak diperkenankan
melihat isi drive atau pun isi komputer pertandingan. Peserta yang melanggar
akan didiskualifikasi.
h. Peserta yang membuat gaduh selama perlombaan akan dikenakan pengurangan
poin dan jika mengganggu peserta lainnya akan dikenakan sanksi lainnya yang
mungkin bisa mencoret keikutsertaan mereka.
i. Keputusan Juri adalah mutlak dan
tidak bisa diganggu gugat.
D. Pelanggaran dan Sanksi
1. Sebelum atau
sesudah bertanding
Bentuk pelanggaran
|
Sanksi
|
Tidak
mengenakan badge peserta
|
Tidak diperkenankan memasuki
ruang lomba
|
Menganggu
peserta lain yang sedang bertanding
|
Diskualifikasi
|
2. Saat bertanding
Bentuk pelanggaran
|
Sanksi
|
Membawa HP
atau gadget
|
Diskualifikasi
|
Terlambat
|
Pengurangan
poin, jika melebihi waktu batas keterlambatan 5 menit, peserta
didiskualifikasi
|
Ke kamar kecil
|
Pengurangan
poin, jika melebihi waktu batas keterlambatan 5 menit, peserta
didiskualifikasi
|
Meninggalkan tempat lomba
sebelum waktu lomba habis
|
Diskualifikasi
|
Melihat
isi drive komputer
|
Diskualifikasi
|
* Setiap sanksi atas pelanggaran yang dilakukan tentunya dimelihat keadaan
yang dialami peserta, jika pelanggaran masih dalam batas wajar sanksi bisa
dikurangi atau dihilangkan.
Denah pertandingan
**Program ladder akan mengikuti format PLC yang telah ditetapkan oleh Panitia. Software yang akan digunakan pada saat lomba akan diberikan pada saat pelatihan dan Technical Meeting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar